Cara Mempercepat Kinerja Windows

2 min read

Cara Mempercepat Kinerja Windows di PC / Laptop Agar Tidak Lemot – Kinerja sistem Windows 10 yang terasa lambat dapat terjadi karena beberapa faktor.

Baik faktor yang disebabkan oleh kesalahan manusia, atau bahkan dari sistem Windows 10 itu sendiri.

Pertanyaannya di sini adalah, bagaimana Anda mempercepat Windows 10? Kami telah menyiapkan cara untuk mempercepat kinerja Windows 10 yang Anda gunakan. Lebih detail, lihat penjelasan berikut.

Memenuhi Standar Persyaratan Sistem

Hal yang dipertimbangkan kebanyakan orang sebelum menggunakan Windows 10 adalah persyaratan sistem. Standar perangkat keras yang diperlukan sebelum menginstal Windows 10 adalah:

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau prosesor lebih cepat atau SoC.
  • Ruang hard disk: 16GB untuk OS 32-bit atau 20GB untuk OS 64-bit.
  • RAM: 2GB untuk 32-bit dan 64-bit.
  • Kartu grafis: DirectX 9 atau lebih baru dengan driver WDDM 1.0.
  • Tampilan: resolusi 800-by-600.

Dalam beberapa kasus, Windows 10 memang dapat berjalan di bawah persyaratan sistem standar seperti di atas.

Namun, untuk mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan Windows 10, penuhi standar di atas agar sistem dapat berjalan dengan lancar.

Cara Mempercepat Windows

Cara Mempercepat Kinerja Windows di PC Laptop

Berikut adalah beberapa cara untuk mempercepat windows yang dapat langsung diterapkan:

1. Peningkatan Perangkat Keras

Setelah Anda mengetahui persyaratan sistem Windows 10, Anda dapat memutakhirkan perangkat keras jika tidak memenuhi standar di atas.

Baik Anda pengguna PC / laptop, Anda dapat memutakhirkan Prosesor, RAM, VGA, atau hard drive (disarankan SSD). Gambar di atas diambil dari Windows 10 pro 64 bit.

2. Matikan Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang atau di belakang tentu akan memakan sumber daya RAM, apakah itu Aplikasi Desktop atau Aplikasi Modern. Untuk Aplikasi Desktop, Anda dapat mematikannya melalui Tugas.

Sedangkan untuk Aplikasi Modern, Anda dapat mematikannya melalui halaman Pengaturan. Anda perlu tahu, rata-rata, Aplikasi Modern Windows 10 memakan bandwidth dengan tenang.

Dengan mematikan Aplikasi Modern, tentu saja Anda dapat menghemat bandwidth internet.

3. Matikan Efek Visual

Apakah Anda tim kinerja atau tim tampilan? Jika Anda lebih suka kinerja daripada tampilan Windows 10 interaktif, Anda dapat mematikan opsi Efek Visual.

Dengan mematikannya, Anda dapat menjelajahi Windows 10 dengan cepat. Caranya adalah dengan membuka Windows Run (WinKey + R)> ketik SystemPropertiesAdvanced> pilih menu Performance> Settings.

4. Instal Aplikasi Hemat Sumber Daya

Jika sebelumnya disebutkan masalah uninstall aplikasi yang tidak digunakan, sekarang instal aplikasi yang menghemat sumber daya.

Misalnya, aplikasi yang memiliki antarmuka yang lebih sederhana dibandingkan dengan aplikasi yang memiliki animasi dan antarmuka yang lebih menarik.

5. Copot Aplikasi

uninstal aplikasi

Salah satu cara untuk menghemat ruang disk adalah dengan menghapus instalan aplikasi yang tidak dibutuhkan atau mematikan layanan (yang menghabiskan sumber daya aplikasi).

Apalagi jika Anda menggunakan perangkat OEM yang umumnya memiliki banyak perangkat lunak standar pabrik.

6. Nonaktifkan Aplikasi Startup

Ada beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika PC baru dihidupkan. Ternyata, ini bisa mempengaruhi kecepatan sistem dalam booting.

Solusinya adalah, Anda dapat menonaktifkan aplikasi startup yang sebenarnya tidak diperlukan. Untuk caranya, buka Task Manager> navigasikan ke tab Startup> Execute.

7. Simpan Ukuran Partisi Sistem

Salah satu cara untuk menjaga Windows 10 dalam kondisi prima adalah dengan menghemat ruang pada hard disk Anda, terutama partisi C.

Di Windows 10, Anda dapat melakukan beberapa cara seperti menghapus file sementara, memindahkan aplikasi ke penyimpanan lain, dan lain-lain.

8. Mengaktifkan Disk Write Caching

Cara selanjutnya untuk mempercepat Windows 10 adalah mengaktifkan cache tulis disk. Metode ini menggunakan RAM sebagai penyimpanan / cache data sementara sebelum akhirnya dikirim ke disk.

Dengan cara ini, pengelolaan RAM akan lebih efisien. Untuk mengaktifkan cache tulis di Windows 10 sebenarnya mudah.

Pertama buka Device Manager> Disk drive> klik kanan Properties> navigasikan ke tab Kebijakan> Periksa opsi Aktifkan caching menulis pada perangkat ini> OK.

9. Instal Utilitas Pihak Ketiga

Instal alat utilitas pihak ke-3 untuk melakukan sejumlah hal untuk mengoptimalkan sistem seperti membersihkan cache sistem, file sampah, dan sebagainya.

Sebenarnya ini adalah cara opsional, Anda bisa menggunakan atau tidak menggunakan.

Namun, dengan menginstal utilitas tol pihak ke-3, Anda dapat melakukan beberapa tugas hanya dengan menggunakan satu perangkat lunak.

Beberapa alat yang banyak digunakan adalah seperti Glary Utilities atau CCleaner.

10. Defragmen Berkala

Lakukan defragment hard disk biasa untuk mempercepat kinerja sistem di Windows dalam mengakses data dan sistem file.

Caranya, klik kanan pada PC ini> Properties> navigasikan ke tab Tools> Optimize> Analyze> Optimize.

11. Perbarui Windows dan Driver

Cara terakhir yang kami rekomendasikan untuk mempercepat Windows 10 adalah dengan melakukan pembaruan & Driver sistem Windows. Dengan memperbarui sistem, Anda dapat menutup bug dan memperbarui sistem.

Ini juga berlaku untuk driver, dengan perangkat lunak driver terbaru, kinerja perangkat keras dan sistem operasi menjadi lebih optimal.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mempercepat Kinerja Windows di PC / Laptop Agar Tidak Lemot, semoga dapat membantu anda dalam mempercepat kinerja windows pada pc dan laptop anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: