Cara Mengatasi Laptop Hang

4 min read

Cara Mengatasi Laptop Hang Pada Windows serta Penyebab Laptop Hang – Laptop yang halus saat digunakan untuk bekerja atau bermain membuat kita nyaman memakainya, tetapi kenyamanan kita dapat terganggu jika laptop tiba-tiba hang.

Ketika itu terjadi, Anda dapat menerapkan beberapa cara untuk berurusan dengan hang laptop yang ada di artikel ini. Untuk saat ini, laptop telah menjadi kebutuhan dasar bagi siswa, guru, siswa, dan pengusaha.

Karena penampilan laptop yang mudah dibawa kemana-mana, menjadikan laptop menjadi satu perangkat yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kebanyakan orang saat ini.

Seiring perkembangan teknologi dan perangkat lunak internet, banyak pengguna laptop menginstal aplikasi tanpa melihat prioritas aplikasi yang diperlukan untuk membantu pekerjaan.

Hal ini memungkinkan laptop untuk hang / tidak merespons, lambat, dan bahkan crash karena kelebihan aplikasi dan tanpa melihat spesifikasi laptop itu sendiri.

Laptop yang hang bisa tiba-tiba datang tanpa kita harapkan. Hal ini dapat terjadi pada setiap sistem operasi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 sekalipun.

Semuanya bisa mengalami hang kapan saja. Lalu apa penyebab dan bagaimana kesepakatan dengan hang laptop? Lihatlah informasi berikut:

Penyebab Laptop Hang

Berikut ini adalah penyebab hang laptop yang perlu Anda ketahui.

1. Kurang memori

masalah laptop hang karena kurangnya RAM terpasang, hal yang umumnya dikenal untuk semua pengguna laptop.

Untuk itu coba periksa kapasitas memori yang terpasang, untuk laptop kelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar, disarankan untuk meningkatkan memori ke setidaknya 1 GB.

2. Terlalu banyak program yang diinstal

Periksa program apa yang diinstal dengan mengklik Add / Remove Programs di Control Panel dan menghapus program yang tidak dibutuhkan.

Semakin banyak program diinstal, semakin banyak program dan layanan yang akan dijalankan pada startup Windows.

Untuk menonaktifkan program dan layanan startup yang berjalan secara otomatis, masukkan “System Configuration Utility” dengan mengetikkan msconfig pada menu run.

Lalu pada tab layanan dan startup hapus centang pada aplikasi yang tidak diperlukan. Untuk melihat aplikasi apa yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan alat Prosesexplorer.

Dengan alat ini Anda dapat melihat dan menonaktifkan (membunuh) aplikasi apa pun yang tidak diperlukan atau diduga sebagai virus.

4. File sementara yang sudah bengkak

Alasan laptop berikutnya hang adalah pembengkakan file-file sementara. Untuk Windows Xp lokasi file terletak di “C: \ Documents and Settings \ username_user \ Local Settings \ Temp” dan “C: \ WINDOWS \ Temp”.

Untuk membersihkannya, hapus file di kedua lokasi atau jalankan program Disk CleanUp dengan mengklik start-run, kemudian ketik “cleanmgr” dan kemudian pilih drive untuk Bersihkan.

5. Masalah hard disk

Hard drive adalah komponen kedua setelah RAM yang dapat menyebabkan laptop macet. Masalah hang laptop yang disebabkan oleh hard drive ini disebabkan oleh:

  • Kekurangan kapasitas disk.
  • Hard disk yang terfragmentasi.
  • Hard disk lama, jadi rpm menurun.
  • Kesalahan hard disk / bad sector.

Maka cara mengatasi laptop hang karena masalah pada hard drive di atas adalah:

  • Tingkatkan kapasitas hard disk dengan menambah atau mengganti hard disk.
  • Lakukan defragmenter pada hard drive secara teratur
  • Hindari hard drive dari debu, guncangan dan panas yang berlebihan.
  • Memperbaiki kerusakan pada hard disk dengan alat checkdisk atau dengan manual:
  • Pertama buka Windows Explorer, klik kanan pada hard disk C> Properties> Pilih “tools”> Check Now.
  • Kemudian centang “pindai dan coba pemulihan sektor buruk”.
  • Kemudian klik start.

6. Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “program keamanan”

Program keamanan seperti program antivirus dan firewall adalah aplikasi tambahan yang harus tersedia di laptop, dengan catatan untuk tidak berlebihan. Misalnya dengan menginstal 2-3 program antivirus sekaligus.

7. File sistem telah rusak atau bahkan hilang.

Biasanya terjadi setelah laptop terinfeksi virus, dan file yang terinfeksi sudah rusak atau dihapus oleh antivirus. Solusi termudah adalah memperbaiki sistem operasi yang digunakan.

8. Kehadiran virus, malware atau spyware di laptop.

Jika laptop sudah terserang virus atau malware, maka Anda harus menjalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas pemulihan sistem dan gunakan program Virus Cleaner.

Misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware dan melakukan pembaruan pada sistem operasi.

9. Ada masalah konektivitas di jaringan

Ini dapat terjadi karena lalu lintas jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau ada virus yang mencoba memasuki sistem laptop.

Untuk memperbaikinya, coba lepaskan dan masukkan kembali konektor RJ45 pada Kartu LAN atau Rosette LAN.

Restart Switch / hub dan menggunakan program pemindai Port untuk melihat paket data apa yang masuk dan keluar dari laptop.

10. Laptop hang karena masalah hardware yang terlalu panas

Overheat perangkat keras, apakah itu terjadi pada hard disk, kartu VGA, prosesor atau CPU secara umum dapat menyebabkan penurunan kinerja laptop yang pada akhirnya hang laptop, lambat atau bahkan restart sendiri.

Untuk alasan ini, pastikan sirkulasi udara di bagian dalam CPU berjalan dengan baik, begitu juga dengan kipas (fan) sehingga selalu bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows

Cara Mengatasi Laptop Hang Pada Windows

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasi hang laptop / tidak merespons ketika baru saja dinyalakan, saat boot dan ketika Anda menggunakan.

Kalau sukses biasanya hanya sementara dan bisa datang lagi kapan saja. Untuk itu, Anda dapat mendengarkan poin demi poin di bawah ini.

1. Pemecahan masalah laptop hang ketika boot / memasuki BIOS

  • Nyalakan kembali laptop Anda terlebih dahulu, lalu masuk ke mode BIOS. Setiap laptop memiliki tombol yang berbeda ketika masuk ke mode BIOS, menyesuaikan dengan merek laptop Anda.
  • Setelah memasuki tampilan BIOS, pilih Fitur Advanced BIOS kemudian cari cache BIOS. Jika demikian, nonaktifkan opsi.
  • Kemudian simpan dengan menekan F10, lalu tekan enter.

2. Cara menangani laptop hang ketika baru saja dinyalakan (mulai)

Saat startup dan akan memasuki Windows, terkadang laptop hang tiba-tiba. Hal-hal seperti ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal, termasuk:

  • Program Windows memiliki masalah, bisa jadi karena sistem file yang hilang, rusak dan virus. Cobalah memindai registri dengan CCleaner dan memindai virus dengan antivirus.
  • RAM dan kotor pada kipas. Solusinya adalah membersihkan RAM menggunakan penghapus karet, sikat, atau penyedot debu. Jika ragu untuk mencobanya, bawa ke teknisi andalan Anda. Kemungkinan lain yang bisa Anda analisis lebih baik.
  • Mungkin ini disebabkan oleh motherboard yang bermasalah. Jika Anda ingin mencoba meningkatkan diri sendiri, tanyakan orang yang lebih terampil dalam hal itu.

3. Cara menangani laptop yang tidak merespons

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan hal berikut:

  • Tekan Ctrl + Shift + Esc, lalu pilih program yang tidak merespons dan klik akhiri tugas.
  • Untuk alternatif lain, coba tekan Ctrl + Alt + Del dan kemudian pilih opsi. Jika Anda ingin mematikan program, cukup pilih task manager dan lakukan seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah itu, biasanya laptop akan kembali normal.

4. Cara menangani laptop hang ketika bermain game

Ada beberapa penyebab lain yang membuat laptop hang ketika digunakan untuk bermain game, misalnya:

  • Spesifikasi laptop tidak memadai.
  • Seorang penggemar laptop mati.
  • Masalah hard disk.
  • Prosesor dan kartu VGA yang terlalu panas.
  • RAM yang rusak atau Kartu VGA.

Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstal.
  • Pasang kipas tambahan di laptop.
  • Periksa status kartu VGA dan RAM.
  • Hapus instalan game.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mengatasi Laptop Hang pada Windows, Mudah dan Efektif, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi laptop anda yang hang.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: