Cara Mengatasi RAM Usable di Windows 10

Posted on

Cara Mengatasi RAM Usable di Windows 10 64 Bit – Masalah ini biasanya terjadi ketika pengguna komputer telah selesai menginstal RAM, dan ketika mereka memeriksa memori bukannya mendapatkan kinerja yang diinginkan tetapi sebaliknya RAM yang baru diinstal tidak sepenuhnya dapat dibaca.

Masalahnya bukan berarti RAM yang baru dipasang rusak, karena bisa jadi masalahnya adalah perangkat komputer atau laptop yang masih menggunakan OS Windows 10 32 bit.

Lalu bagaimana Anda menangani Windows 10 64-bit RAM yang bisa digunakan? Sebelum bergegas untuk mengganti yang baru, coba beberapa cara untuk menyelesaikan masalah yang akan dijelaskan.

Baca Juga: Cara Mengubah Tampilan Windows

Penyebab RAM Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi RAM Usable di Windows 10

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasinya, mungkin sebaiknya Anda tahu dulu beberapa penyebab masalah tersebut antara lain:

1. RAM Tidak Dapat Dibaca Karena Digunakan Dengan VGA Onboard

Jika merek atau adaptor layar Anda adalah Intel, Anda dapat yakin bahwa jumlah RAM yang terdeteksi akan terganggu oleh adaptor layar atau istilahnya disebut VGA onboard.

Itu karena tipe VGA bawaan tidak mengurutkan RAM itu sendiri sehingga akan mengurangi kapasitas RAM di Windows. cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan kapasitas ram sesuai kebutuhan.

2. RAM yang Digunakan Tidak Dapat Dibaca Karena Masih 32 Bit

ini adalah masalah paling umum yang menyebabkan RAM tidak terdeteksi atau dibaca. Harap dicatat bahwa Windows 32-bit hanya dapat mendeteksi maksimum 3GB RAM.

Jadi jika Anda meningkatkan RAM ke 4GB maka 1GB tidak akan terdeteksi oleh Windows. Solusinya adalah menginstal ulang Windows ke 64-bit.

Harap dicatat bahwa OS Windows 64bit juga memiliki VGA dan RAM sendiri. Tetapi Anda masih bisa melakukan upaya berikut sehingga Anda tidak perlu membeli RAM baru jika sudah membeli.

3. VGA Onboard, Intel Brand

Jika adaptor layar Anda adalah ATi atau NVidia, maka RAM tidak terganggu oleh VGA karena untuk 2 merek chip VGA sudah memiliki ram sendiri.

Baca Juga: Kelebihan dari Windows 10

Cara Mengatasi RAM Usable di Windows 10 64 bit

Cara Mengatasi RAM Usable di Windows 10 64 bit

Berikut ini adalah bagaimana RAM Windows 10 64 bit dapat digunakan yang harus Anda ketahui.

1. Cara Mengatasi RAM Windows yang Dapat Digunakan dengan Msconfig

Cara pertama untuk memecahkan masalah RAM Windows 10 64-bit yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan MSCONFIG. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Mengatasi RAM Windows yang Dapat Digunakan dengan Msconfig

  • Masuk ke menu Windows dan ketik msconfig
  • Pilih msconfig.exe di hasil pencarian
  • Klik tab Boot di bagian atas
  • Klik Opsi Tingkat Lanjut. Periksa opsi Memori Maksimum
  • Isi jumlah RAM sesuai dengan RAM yang dipasang di komputer
  • Klik OK.

Setelah melakukan beberapa cara sederhana, masalahnya harus dipecahkan dengan mudah.

Tetapi jika itu tidak berhasil, menurut beberapa pengalaman pengguna ada komponen perangkat keras yang bermasalah, yaitu RAM baru yang Anda instal. Solusinya hanya dengan menukar RAM jika masih dalam garansi.

2. Menggunakan VGA Discrete

Jika dalam bios tidak ada pengaturan untuk berbagi memori atau memori bersama, maka cara lain untuk memperbaiki masalah RAM yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan diskrit VGA.

Discrete VGA adalah jenis kartu berbentuk yang dipasang di slot khusus. Berbeda dengan VGA onboard yang mengambil sumber daya memori dari RAM.

Untuk VGA jenis ini memiliki memori khusus dan memori rata-rata lebih besar dari memori VGA khusus.

Bahkan, Anda juga dapat meningkatkan kinerja VGA diskrit karena umumnya memiliki kinerja yang lebih baik daripada VGA onboard.

3. Perbarui Windows dari sistem 32-bit ke 64-bit

Jika Anda tidak ingin menukar RAM yang sudah Anda beli maka solusi lain adalah memperbarui Windows dari sistem 32bit ke 64bit.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa metode ini cukup kuat untuk menghilangkan data usabel dalam RAM.

Dengan menginstal versi 64-bit Windows, Anda tidak perlu khawatir tentang batas RAM. Karena 64-bit mendukung RAM hingga puluhan GB atau lebih.

Tetapi kami menyarankan Anda meningkatkan sistem ke 64-bit hanya jika pengguna menggunakan 4GB RAM dan di atasnya.

Karena 2GB RAM digunakan untuk menjalankan Windows 64-bit, dikhawatirkan akan tidak stabil dan memperlambat kinerja nantinya.

4. Pengaturan Melalui BIOS

Pengaturan melalui bios ini juga dapat digunakan untuk mengatasi RAM yang dapat digunakan. Khusus untuk pengguna yang menggunakan VGA onboard.

Perlu diingat bahwa ada prosesor dalam pengaturan memori VRAM VGA onboard yang dapat ditambahkan atau dikurangi.

Untuk melakukan pengaturan melalui bios ini tidak ada tutorial benchmark karena setiap laptop memiliki lokasi yang berbeda.

Jadi, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu di mana pengaturan memori BIOS Anda. Jika Anda memiliki masalah, Anda dapat menggunakan layanan teknisi yang mengerti komputer.

5. Bersihkan RAM

Untuk tips yang satu ini khusus untuk anda yang menemukan masalah yang bisa digunakan saat membongkar laptop atau PC lalu mengeluarkan RAM.

Sebagai contoh, ketika Anda telah benar-benar membongkar PC Anda dan menginstal ulang RAM, ternyata RAM hanya membaca 7,45 GB dari yang seharusnya 8 GB, yang berarti ada masalah.

Untuk mengembalikannya ke kondisi semula, Anda harus mengeluarkan RAM dari soket. Kemudian bersihkan soket RAM dengan tisu. Jangan lupa untuk membersihkan juga Kuningan RAM dengan penghapus.

Ini agar kotoran yang menempel pada ram bisa hilang dan ram bisa dibaca lagi nanti.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mengatasi RAM Usable di Windows 10 64 Bit, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi RAM Usable di Windows 10 anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Bluetooth pada Windows