Cara Menghapus Virus di Smartphone

3 min read

Cara Menghapus Virus Android Serta Jenis Virus yang Sering Muncul – Ada beberapa cara untuk menghapus virus di android yang dapat dilakukan secara otomatis. Baik itu virus malware, virus baterai, dan berbagai virus lainnya.

Metode ini dapat diterapkan pada berbagai smartphone Android. Mulai dari Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan berbagai merek dan model Android lain.

Tapi sebelum itu, ada baiknya kita tahu apa itu virus. Sebuah virus adalah file yang merusak file lainnya, menyebabkan hilangnya data penting, dan banyak kerugian lainnya.

Sehingga bisa mengganggu kinerja ponsel android kita. Untuk alasan ini, kita harus tahu bagaimana untuk menyingkirkan virus pada ponsel Android kita sehingga mereka bisa bebas dari ancaman virus.

Salah satu penyebab terbesar virus adalah ketika kita menjelajahi internet. Karena ada beberapa situs atau bahkan aplikasi di internet yang mungkin telah terinfeksi virus.

Atau bahkan aplikasi tersebut adalah virus yang disamarkan sebagai aplikasi yang kita butuhkan.

Sebelum kita belajar tentang cara menghilangkan virus di Android. Pertama kita akan berkenalan dengan beberapa jenis virus:

Jenis Virus Android

cara mengapus virus android

Berikut ini adalah semua jenis virus Android yang perlu Anda ketahui.

1. Engriks

Virus Engriks biasanya menginfeksi ponsel kita, jika kita sering mengunjungi situs-situs yang dilarang. Jika Android kita terinfeksi virus ini biasanya akan muncul peringatan aneh di ponsel kita.

2. Obad

Jika android Anda memiliki atau mungkin sering kehilangan pulsa atau sering hang. Hati-hati, karena mungkin android Anda diserang oleh virus yang dikenal sebagai Backdoor.

Obad serangan virus dengan memberi tahu Anda untuk mengunduh aplikasi di halaman web tertentu. Setelah menginstalnya, virus akan mulai menyerang sistem di android kita.

3. Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

Bisa dibilang ketiga jenis malware ini adalah virus paling berbahaya untuk perangkat android kita. Bagaimana tidak, ketiga malware ini akan menyebabkan android kita tidak bisa digunakan lagi.

Jadi begitu terkena ketiga jenis malware ini, kita harus membeli smartphone baru. Benar-benar sangat merugikan.

4. Cyber.Police

Selain engriks, virus ransomware Cyber.Police juga menginfeksi melalui situs yang dilarang. Yang hasilnya di android kita tidak bisa digunakan karena dikunci oleh pop up terus muncul di layar android Anda.

Itulah beberapa virus yang bisa menyerang android kita. Untuk itu sangat diperlukan cara menghapus virus di android kita.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus virus di Android menggunakan aplikasi yang dapat kita unduh melalui Play Store

Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Smartphone

Berikut ini adalah cara untuk menghapus virus di Android yang perlu Anda ketahui.

1. Aplikasi Mobile Avast

Avast merupakan aplikasi antivirus berfitur lengkap. Diantaranya seperti membersihkan RAM, kunci aplikasi, penghapus cache, mempercepat pengisian baterai, dan memantau penggunaan data internet.

Cara menghapus virus malware dengan anti-virus:

  • Unduh dan instal aplikasi Avast Mobile Security & Antivirus di Google Play Store.
  • Jalankan aplikasi lalu ketuk tombol Mulai.
  • Setelah memasuki menu utama, cukup ketuk tombol Pindai untuk memindai virus dan ancaman lain di perangkat.
  • Setelah selesai, avast akan menampilkan berbagai masalah yang ditemukan, mulai dari virus atau pengaturan yang dianggap berisiko.
  • Ketuk Selesaikan untuk menyelesaikan masalah.

Terkadang terganggu oleh iklan saat browsing? Hapus saja menggunakan metode menghapus iklan di Android.

2. Kaspersky Mobile Antivirus

Aplikasi antivirus ini memiliki fitur termasuk, pemeriksaan latar belakang yaitu pemindaian virus, perlindungan antivirus.

Ada juga kunci aplikasi, lacak & temukan ponsel Anda jika hilang, lindungi informasi pribadi yang rentan dari pengintaian. Cara menghapus virus Trojan di Android:

  • Jika Anda tidak memiliki aplikasi ini, silakan unduh Kaspersky Mobile Antivirus dan instal melalui PlayStore.
  • selesai mengunduh dan menginstalnya.
  • Buka aplikasi Kaspersky.
  • Lalu ketuk Pindai dan tunggu proses pemindaian selesai.

Selain menggunakan aplikasi, ada cara lain yang bisa kita lakukan tanpa menggunakan aplikasi.

3. Safe Mode

Cara menghapus virus di Android tanpa antivirus:

  • Cara memasukkan safe mode untuk setiap perangkat Android berbeda beda. Namun, kebanyakan dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan.
  • Saat Anda memasuki safe mode, semua aplikasi yang Anda instal akan menghilang untuk sementara waktu. Karena itu hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem.
  • Sehingga memudahkan kita untuk memeriksa atau membersihkan file yang tidak penting, seperti file cache dan menghapus virus Android.
  • Silakan periksa aplikasi yang diinstal di Android Anda dengan masuk ke Pengaturan> Aplikasi> pilih tab yang diunduh.
  • Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga dalam mode aman, tetapi karena virus termasuk dalam sistem.

  • Kemudian virus akan dilihat sebagai aplikasi pihak ketiga tetapi dapat melakukan fungsi sistem. Sehingga jika Android kita diserang oleh virus, sebuah aplikasi akan muncul asing yang tidak pernah kita instal.
  • Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, maka Anda harus menghapus aplikasi dengan memilih aplikasi dan kemudian memilih uninstall.
  • Tetapi ada beberapa kasus di mana aplikasi tidak dapat dihapus, karena aplikasi tersebut telah memberikan Akses Administrator.
  • Untuk itu pertama-tama kita harus menghapus akses, dengan masuk ke Pengaturan> Keamanan> Administrator perangkat.
  • Kemudian hapus akses administrator aplikasi yang mencurigakan. Sehingga kita bisa menghapus aplikasi yang mencurigakan.
  • Setelah proses penghapusan selesai, maka kita hanya perlu keluar dari Safe Mode dan restart.

4. Reset Pabrik

Jika Anda menghapus virus di Android dengan menggunakan metode di atas, Anda tidak dapat membersihkan virus. Jadi cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah Reset Pabrik.

Reset pabrik atau reset adalah cara untuk mengembalikan sistem ponsel android sebagai default pabrik.

Reset pabrik biasanya dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan sistem perangkat lunak. Seperti bootloop, lupakan kode pin, atau hapus salah satunya atau singkirkan virus.

Melakukan reset pabrik akan menyebabkan semua data dan aplikasi yang tersimpan dihapus, jadi kita harus membuat cadangan data.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mereset ponsel android. Misalnya, melalui pengaturan hp (soft reset), melalui putaran khusus, dan melalui mode pemulihan (sulit atur ulang).

5. Soft Reset

Untuk melakukan soft reset kita dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan, pilih Backup & Reset.
  • Pilih factory reset, maka jendela konfirmasi akan muncul.
  • Pilih apa yang ingin Anda reset, lalu masukkan pin / pola / kata sandi ponsel Anda.
  • Tunggu proses reset yang biasanya memakan waktu 3 hingga 10 menit, setelah selesai maka ponsel android kita akan restart secara otomatis. Dan selesai.

6. Panggilan Khusus

Cara mereset ponsel android melalui Dial cukup mudah, pasalnya kita hanya dial ke * 2767 * 3855 #. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan hard reset:

  • Tekan dan tahan secara bersamaan tombol on-off dan tombol volume (setiap smartphone memiliki tombol yang berbeda. Ada tombol on-off dan volume naik + volume turun. Atau tombol on-off dan volume turun. Ada juga yang menggunakan tombol on-off dan volume naik + home, tergantung pada ponsel android Anda). Hingga menu pemulihan muncul.
  • Setelah memasuki menu pemulihan pilih wipe data / factory reset. Tunggu hingga prosesnya selesai, maka android kita akan restart secara otomatis.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Menghapus Virus Android Serta Jenis Virus yang Sering Muncul, semoga dapat membantu anda dalam menghapus virus pada smartphone anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: